Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Saya mengenal adobe After Effect baru beberapa bulan yang lalu, dari sebuah buku yang mengulas tentang video editing. Memang nama after effect sudah saya dengar sebelumnya dari guru multimedia saya di sekolah. Tapi, saya kurang tertarik, kirain fungsinya sama saja dengan adobe premiere, powerdirector dan kawan-kawannya gitu.

Ternyata setelah baca sana-sini dan googling di internet, saya baru tahu kalau after effect bukan sekedar untuk mengedit video, tapi lebih kepada pemberian efek visual dan animasi pada video.



Biasanya, after effect ini digunakan untuk pembuatan iklan, intro film, dan pemberian efek pada video berdurasi pendek. Kita bisa lihat, di youtube banyak sekali video-video yang menggunakan after effect. Dan hasilnya sangat luar biasa, anda bisa membuat simulasi pada video seperti halnya film-film hollywood. Misalnya membuat kamehameha kaya dragon ballz, membuat efek peperangan berdarah yg real, intro film yang menakjubkan, dan lain-lain, dan lain-lain...


Kalau agan gak mau ketinggalan zaman dalam urusan animasi, saya sarankan untuk mulai mempelajari dan mencoba after effect dari sekarang. Kenapa? Ya, seperti saya sebutkan diatas, diyoutube saja sudah banyak animator-animator dunia memilih after effect untuk program pengeditannya. Ini membuktikan bahwa adobe after effect sangat populer dikalangan animator.

Selain itu fasilitas di adobe after effect sangat banyak. Mulai dari pengaturan pergerakan, pencahayaan, kamera, objek 3d dan didukung oleh plugin yang sangat banyak. Untuk memulainya, agan bisa meluangkan waktu beberapa jam untuk mengenal tool-tool dan area kerja adobe after effect. Setelah itu, cobalah untuk mendalaminya dengan melihat tutorial tentang pembuatan berbagai animasi agar lebih memahami fungsi-fungsi lainnya. Tutorialnya bisa anda lihat di youtube atau jika ingin yang lebih bagus bisa anda lihat di video copilot. Jika sudah handal, dengan kreatifitas anda bisa membuat karya yang mengagumkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan uang!

Untuk tutorial dasar, silahkan klik tutorial dibawah:

Animasi Dasar After Effect


Di tutorial ini, kita akan belajar membuat animasi sederhana yang di pakai kan ke teks. Kasusnya sederhana, yaitu membuat teks muncul dengan animasi berputar dan membesar. Disini juga akan dibahas tentang keyframe dan penjelasan dari tool-tool yang dipakai.







Membuat Intro Film dengan After Effect 


 Di tutorial ini, kita akan membuat sebuah intro sederhana lengkap dengan animasinya. kita akan membuat sebuah teks bergerak seperti menghantam tembok yang menggetarkan kamera. disini akan dibahas cara membuat animasi lebih hidup dengan menambahkan Motion Blur, cara mengontrol gerakan kamera menggunakan Null, dan membuat Teks terlihat 3D.





Membuat Animasi Judul dengan After Effect Bag. 1


Di tutorial ini, kita akan membuat animasi teks yang lebih rumit, dimana semua layer akan bergerak dalam mode 3D. disini akan dibahas tentang Composition, cara menggunakan Parrent sehingga objek-objek saling mempengaruhi, dan juga membuat objek dalam mode 3D.









Membuat Animasi Judul dengan After Effect Bag. 2


Setelah pada bagian 1 kita mengatur layer, di bagian 2 ini, tutorial akan lebih fokus ke animasi. Disini akan membahas bagaimana membuat animasi dalam berbagai sudut pandang, dan juga cara menggerakan beberapa objek dengan satu kontrol layer saja.









Dasar Motion Graphic

 
Di tutorial ini, kita akan membuat beberapa variasi gerakan pada sebuah teks untuk membuatnya tampak menarik.











Membuat Foto Flash


 Disini, kita akan membuat efek sederhana seperti kilatan kamera foto lengkap dengan animasi fokus dan kilatan cahaya. Hasilnya cukup keren, cocok untuk membuat presentasi Fotografi.



About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

77 comments:

  1. Blog saha ieu????

    Tepet Lain????

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantep sob thanks untuk tutorialnya

      Delete
    2. Nice Info Gan
      Terimkasih banyak

      Blog Walking
      http://obatjellygamatgoldg.net/

      Delete
  2. Menguasai photoshop pertama kali saya merasa waw itu udah hebat ...
    kemudian setelah saya mulai menyenangi animasi , hanya dengan photoshop saja saya rasa itu terlalu bodoh, kenapa ?
    karena ada yang lebih menarik ketimbang itu , ya after effect , sekarang saya mulai mempelajarinya..dan berharap saya bisa mengusainya seperti halnya photoshop...

    ReplyDelete
  3. jeh cara2 na mana iyeu teh?

    ReplyDelete
  4. sok ka dieu mang, mangga..... :-)
    http://jurusan-multimedia.blogspot.com/2012/01/tuttorial-after-effect-animasi.html

    ReplyDelete
  5. Makasih atas infonya gan, kebetulan saya lagi belajar after effect untuk keperluan tugas-tugas kampus ni...thanks ya..

    ReplyDelete
  6. Ini looooo yg saya careyyyy yo downloaaaad !!!! Terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  7. oke mas gua pengan jadi editor nih thanks ya

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Untuk skarang mah blum kang, insya allah kedepannya mungkin akan dibuka les . . .

      Delete
    2. cara rubah format video agar bisa diimport diafter effects gimana ya gan.... tolong bangat bantuannya gan...

      Delete
    3. Sebagian besar format video di support After Effect kok,
      Kalau gak bisa, bisa coba di convert dulu pake video converter . .

      Delete
  9. linjk download untuk after efect'a mana gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini gak nyediain link donlot nya gan . . .

      Delete
  10. agan tolong donk menta link nya soalnya cari d google eror smua gda yg betul

    ReplyDelete
  11. kang, boleh minta link download program after effect yg gratis ga? saya cari2 ga ketemu, ga bs dpt aplikasinya. Gmn mau belajar klo programnya ga ada kang? boleh minta tolong kang? trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  12. Permisi, bagi yang mau serius belajar Desain Grafis & Editing Video ane menyediakan software ori dengan harga murah tapi 100% no tipu tipu (dosa bro) mending ane cari uang halal aja, yaudah cekidot ini daftar paket yang ane mau jual yaitu Adobe Master Collection CS6 Pro, No Trial original dan bisa di Update Online

    Isi Paket diantaranya :

    - Photoshop CS6 Extended
    - Illustrator CS6
    - InDesign CS6
    - Dreamweaver CS6
    - Flash Professional CS6
    - Flash Builder® 4.6 Premium Edition
    - Fireworks CS6
    - Adobe Premiere Pro CS6
    - After Effects CS6
    - Adobe Audition CS6
    - SpeedGrade CS6
    - Prelude CS6
    - Encore CS6
    - Bridge CS6
    - Media Encoder CS6

    Paket ini isinya 2 DVD tersedia untuk Windows dan Macintosh
    *pilih Win or Mac

    cuma kena Rp.50.000,- nett
    itu udah murah dengan kualitas DVD keren, bukan yang abal abal

    Ane ada tawaran
    (Beli sama paket Plug-in & element 3D Videocopilot ane kasih free ongkir tapi untuk pulau jawa aja)

    Minat Order dan tanya tanya di nomor ini : 08990256986

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro, saya ingin sekali membeli adobe after effect beserta tutorialnya. gimana caranya ? serius nih !

      Delete
    2. coba add line saya mas id: andikandoel
      saya mau pesan

      Delete
  13. kalau kena aceh berapa sama ongkirnya gan

    ReplyDelete
  14. broo buat foto yang jadi 3 D bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. edit dulu photonya di photoshop, lalu pisah objek2 diphoto jadi layer yg berbeda2 > save ke psd. di AE, tinggal gunakan mode 3D di tambah kamera untuk animasi sudut pandang . . .

      CMIIW

      Delete
  15. wah mantap kang...!
    masih muda udah jago desain grafis !!!
    sukses !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kang supportnya . . :)
      wah, , saya gk jago desain grafis, cuma memperdalam komputer grafis aja. :-D

      Delete
    2. Aya deui teu tutorialnya...

      Delete
  16. trims, posting banyak membatu belajar di Adobe After Affect

    ReplyDelete
  17. Bleh minta link download full version adobe after effecs nya gak?

    ReplyDelete
  18. buat temen-temen yang nyari template ae gratis sek di sini gan
    http://freeae.net

    ReplyDelete
  19. aku dah bisa buat efek orang terbang di after effects sama bisa juga efek hilang bisa buat efek tembakan di senjata pokoknya banyak gw udah mempelajarinya semua dan gw berhasil!!!!!!...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat sofware adobe after efect dimana bos ???

      Delete
    2. dapat sofware adobe after efect dimana bos ???

      Delete
  20. nuhun kang bantu banget buat tugas say :)

    ReplyDelete
  21. kang saya butuh pelajarn private nih, ada yang mau bantu gak ?
    tapi gratis ya :D

    ReplyDelete
  22. gan, yang dipake di tutorial itu after effect versi berapa ya?

    ReplyDelete
  23. wuih mantep gan, lagi ada proyek nih bolehlah minta private
    but free :D

    ReplyDelete
  24. keren,, thanks buat infonya gan..

    http://acemaxs86.com/

    ReplyDelete
  25. nice artike,,, makasih bayajk buat infonya gan,, sangat bermanfaat..

    http://obatherbalampuh.com/

    ReplyDelete
  26. thanks buat tutornya gan,, sangat memabantu sekali..

    ReplyDelete
  27. trims gan, sangat membantu sekali.
    saya tunggu kunjungannya di matana.tk

    ReplyDelete
  28. Saya tertarik nih buat bikin film juga pakai AE.. mksih ya gan

    http://herdydroid.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. Om agan,, bagi situs download free AE nya donk,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar klu di bagi orangnya dsini banyak yg kabur lah

      Delete
  30. Alhamdulillah.. Thanks tutorialnya

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah.. Thanks tutorialnya

    ReplyDelete
  32. mau download aplikasi AE tapi ngak tau dimana, ada yang bisa bantu saya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari di piratecity (.) net mungkin ada.

      Delete
    2. paling dasar belajar after effect tuh harusnya apa gan?

      Delete
  33. Lengkap juga ya, kapan-kapan kalau sempat coba satu per satu

    cara optimalkan windows 10

    ReplyDelete
  34. mntap mas bro...mas bro tw gak cra gnti background video pake gambar...trus gmbar ny d ksih efek kamera jdi ny background gmbr by kayak idup gitu....lukmanuciha37@gmail.com d tggu jwbn ny

    ReplyDelete
  35. thanks, saya juga byk bljr dr postingn mas.
    dan saya gunakan utk membuat video2 di http://www.arsitekno.com/2015/07/tips-menjaga-agar-rumah-bersih-meski.html

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillaah, sejak bisa after effects saya sudah ngerjain banyak proyek dan dapat duit dari situ.

    ReplyDelete
  37. After effects awalnya ane coba-coba, dan habis itu ketagihan. Karena bisa ngedit-ngedit video dengan cara yang professional, menghasilkan video yang enak untuk dilihat.

    ReplyDelete
  38. Terima kasih, Infonya sangat bermanfaat,
    Jangan mau ketinggalan dengan Update terbaru seputar Adobe Creative Cloud Silahkan kunjungi website kami Sebagai Partner Resmi Adobe Indonesia

    ReplyDelete
  39. mantap nih tutorialnya adobe after effect banyak banget

    ReplyDelete
  40. sangat bermanfaat,karna saya suka multimedia, sukarender.blogspot.com

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Skill ini sangat dibutuhkan buat yuotubers bang.
    alelirik.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  43. bagus, artikelnya menarik.

    Lihat juga hasil karya saya di after effects https://www.youtube.com/watch?v=N6_MvtbDJ2Q

    ReplyDelete
  44. Keren Bro membantu banget.

    Lihat punya gua https://youtu.be/tgjrxWQHdR0 kritik ama sarannya di tunggu

    ReplyDelete
  45. terimakasih gan sangat membantu, btw di tambah lagi dong gan tutorial adobe after effectnya

    ReplyDelete
  46. bermanfaat sekali gan, kunbal ya www.marilahcoding.com

    ReplyDelete
  47. broo bagi pin bbm dong, mau tanya tanya lebih jelas nih, ane seriusan pengen belajar after effect

    ReplyDelete
  48. bang mau nanya kalo belajar after effect apa harus tau menggambar dulu gak?

    ReplyDelete
  49. subscribe https://www.youtube.com/watch?v=nwqaXQyuVgI

    ReplyDelete
  50. Visit my blog satru999.blogspot.com

    Thanks infonya gan

    ReplyDelete
  51. Ijin belajar bang,semoga cepet bisa :D

    ReplyDelete