Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Pada postingan kali ini saya membuat tutorial pendek tentang cara membuat lantai yang memantulkan objeknya di 3DS MAX. Memang, saya pikir sudah banyak yang tahu bagaimana cara membuatnya, tapi untuk yang belum tahu seperti pemula, Pelajar yang lagi nyari bahan buat tugas misalnya, pasti sulit menemukan tutorialnya. Apalagi yang bahasa indonesia....


Jadi, lumayan buat referensi saja. Oh, ya.... pada kasus ini saya hanya membuat objek teks dan lantai. Cekidot om....

-Pertama, buka program 3DS MAX.


-Buat sebuah teks, seperti biasa saya membuat teks multimedia. Cara membuatnya, klik panel create > shapes > text. Ketikkan huruf pada kotak text dan atur ukuran huruf pada size...

-Nah, agar teksnya lebih ganteng, agan bisa mengganti font nya. Saya menggantinya dengan font eight one.


-Sekarang, tinggal memberi ketebalan. Klik panel modify > Modifier List: Bevel.


-Untuk parameter bevel, saya mengaturnya seperti ini:

-Hasilnya, ketebalan bervariasi dan teks jadi lebih menarik...

-Ok, sekarang kita akan menambahkan lantai. Pada panel create > Geometry > klik tombol Plane dan atur agar ukurannya memenuhi pandangan di viewport. Saya mengatur length = 4000 dan width=4500

-Terakhir, tambahkan lampu untuk cahaya. Disini saya menggunakan Omni. Atur posisi omni agar berada didepan teks.

-Saatnya memberi material. Klik menu rendering > material editor.

-pilih slot pertama dan ubah warna diffuse menjadi hijau. Atur specular supaya lebih tinggi, dan drag material tersebut ke teks.

-Untuk material lantai, pilih slot kedua dan atur nilai specular menjadi lebih tinggi. Untuk warna, tidak perlu diatur...

-Ini yang penting, di tab maps, aktifkan ceklis reflection. Klik tombol None dan pilih Raytrace.

















-Klik tombol Go to Parent lalu kurangi nilai reflection=30 agar bayangan tidak terlalu jelas. Drag material ke plane. Jika dirender, plane pun akan memantulkan objek teks. Selesai....


-Oh, ya.... agar bayangan dari pantulan objek mempunyai gradiasi, di parameter Raytrace, atur Faloff Type menjadi Linear dengan Nilai Ranges End = 60.


-Tekan render sekali lagi. bayangan pun akan mempunyai gradiasi. Sempoa...!!

Selain digunakan pada lantai, agan bisa menggunakan Raytrace ini pada objek lain. Misalnya teko, gelas, dan sebagainya. Tapi, harus diingat kalau menggunakan Raytrace akan membuat waktu render lebih Lama dari biasanya. Namun hasilnya cukup memuaskan....
Semoga tutorialnya bermanfaat dan jangan lupa komentarnya....


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment