Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Assalamu’alaikum agan2 semua.... gak kerasa nih udah mau bulan puasa lagi. ya... moga aja bulan puasa tahun ini makin banyak barokahnya buat semua yang menjalankannya. Amin....

Oh, ya... pada tutorial kali ini saya membahas cara membuat objek berduri dengan 3DS MAX. Saya menggunakan Scatter, agar objek yang dipilih menyebar pada permukaan objek lainnya secara merata. Kita dapat mengatur jumlah objek yang disebar dan otomatis akan mengikuti bentuk surface. Screenshoot nya bisa agan lihat dibawah:


Ok, cekidot mas bro...

1.  Buat objek sphere pada viewport. Untuk ukuran, standar aja gan....


2. Sekarang, buat objek durinya dari Cone. Atur parameter Radius2=0, supaya ujung atasnya runcing.


3. Ini yang paling penting... aktifkan objek cone lalu pada panel Create > Geometry > Compound Object > Scatter.


4. di parameter Scatter, klik tombol Pick Distribution Object lalu klik objek Sphere di viewport. Maka objek cone akan bergabung dengan sphere. Nah, supaya duri lebih banyak atur nilai Duplicates misal 60.





















 5. kini, objek cone sudah memenuhi permukaan sphere dan siap diberi material.


6. supaya material berbeda antara duri dan bola, kita harus memberi identitas (ID) yang berbeda pula. Sebelum memberi ID, ubah dulu objek ke mode editable Poly. klik kanan objek > Convert To > Convert to editable Poly.

7. Pada panel Modify, klik tanda plus (+) Editable Poly dan aktifkan Modus Element. Aktifkan bola (klik objek untuk mengaktifkan) lalu atur Set ID=1 lalu tekan Enter.


8.Masih dalam modus Element, aktifkan semua duri lalu atur Set ID=2. Sekarang, objek bola mempunyai ID=1, sementara objek duri mempunyai ID=2. Pemberian ID Ini sangat berguna untuk memberi material berbeda pada satu objek.


9. Sekarang, tekan tombol M pada keyboard untuk membuka Material Editor. Aktifkan slot baru lalu klik tombol standard. Pilih Multi/Sub –Object  maka akan ada jendela alert yang muncul. Pilih Discard old Material dan Ok.


10. Nah, disini akan ada banyak no ID yang bisa anda pilih. Untuk memberi warna pada masing-masing ID, klik saja tombol Material #* (Standard) dan parameter selanjutnya pasti agan udah kenal^^..


Pada gambar diatas, saya memberi Material ID 1 (bola) warna hitam dan mengaktifkan bump dengan tekstur tembok supaya terlihat kasar. Untuk Material ID 2 (duri), saya menggunakan warna putih dengan specular tinggi dan mengaktifkan Reflection=Raytrace.

Sentuhan akhir, saya menambahkan gagang dan juga lantai serta teks. Hasilnya seperti gambar dibawah gan:


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

3 comments:

  1. minta tekhnik2 dasar modelling dunk gan..
    Trus low bwt efek bayangan x itu pke ap?
    Kamera z, atw d tmbahin?
    Thnks

    ReplyDelete
  2. Spya ada byangan, harus ada pnchayaan/lampu gan...
    Tmbah'n lmpu (misalnya omni) d dkat objek, lalu di parameter omni aktif'n ceklis 'on' pda shadow. Render (F9) untuk liat hsilnya gan...

    Klo tknik dasar modeling, coba ke http://jurusan-multimedia.blogspot.com/2012/07/modeling-pesawat-dengan-3ds-max.html
    moga m'bantu gan... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip.. Öke trimakasih gan, d tnggu tutor slanjutnya..!

      Delete