Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Tutorial Particle Flow (Pflow)...!! kali ini insya allah saya akan membuat tutorial tentang Particle Flow. Particle Flow merupakan Even-Driven Particle System dimana agan bisa merekayasa kejadian pada particle menggunakan parameter terstruktur yang sistematis (ini sistem partikel 3DS Max bawaan, bukan plugin). Nah, pada kasus ini saya akan membuat efek hujan uang.Uang akan jatuh dengan gerakan yang alami dan akan berhenti saat terkena lantai. Hasil akhir videonya seperti ini:




Emh, jadi kali ini saya akan bagi-bagi uang nih... hehehe. tenang saja, saya gak akan bangkrut karena uangnya juga gopek-an... heheu...

Ok deh, siapin kopi atau teh manis supaya mantap....

1. Pertama, atur durasi animasi agar lebih panjang pada timeline. Untuk mengaturnya, klik ikon Time Configuration.
Di jendela Time Configuration yang muncul, atur  nilai length=300.



















2. Pada panel Create > Geometry > Particle System > PF Source. Klik dan drag ikon Pflow pada viewport. Atur nilai length = 300 dan width = 300.


3. Untuk membuka parameter Pflow, klik tombol Particle View. Maka akan muncul jendela parameter Pflow. Minum dulu gan kopinya....


4. Disini mungkin agan agak bingung karena parameternya berbentuk diagram. Tapi tenang aja gan... entar juga ngerti cara kerjanya. Agar partikel muncul sampai frame 300, klik action birth lalu atur parameter Emit Stop = 300 dengan Amount = 300. Tutup/close jendela Pflow dan lihat ke viewport hasilnya.


5. sekarang, partikel pun muncul sampai frame akhir.


6. Untuk membuat model uangnya, kita akan menggunakan Plane. Atur nilai Length=25, Width=40 dan nilai Length Segs =5 dan Width Segs=7.


7. Supaya bentuk uang lecek atau gak kaku, klik panel Modify > Modifier List: Noise.


8. Atur parameter Noise. Seed=5, Scale=100, klik ceklis Fractal dengan Roughness = 0,64 dan Iterations=7,71, pada strength Z=7,23, klik ceklis Animate Noise dengan Frequency=0,1 dan atur agar Phase pada frame 300=100 agar gerakan tidak terlalu cepat. Play animasi, maka di viewport gerakan plane akan ada percepatan den perlambatan.


9. Untuk mengatasinya, klik kanan pada Plane > Curve Editor...


10. Pada parameter Phase (lihat gambar untuk letak phase), seleksi dua control point, dan klik tombol set tangent to linear.

11. Sekarang, grafik phase akan lurus seperti ini. Coba play kembali di vewport gerakan plane akan selalu sama kecepatannya. Beres...

12. Ok, saatnya menyulap plane agar jadi uang. Masuk ke Material Editor (tekan tombol M pada keyboard) dan pada slot pertama, klik tombol diffuse dan pilih bitmap. Pilih gambar/material uang kertas yang agan punya. Saya menggunakan gambar uang gopek-an (dapet dari mbah google).


13. Nah, supaya gambar uangnya kelihatan di vewport, klik tombol dengan gambar kotak seperti ini:


14. aktifkan ceklis 2-sided agar gambar uang terlihat di kedua sisi plane.


15. Kembali ke Parameter Pflow, agar partikel yang keluar berbentuk uang/plane, kita harus menambahkan action Shape Intance pada Event. Caranya, Drag Action Shape Instance dibawah dan masukkan ke diagram. Setelah itu, pada parameter shape Instance, klik tombol None dan klik objek plane di viewport.


16. Pada action Display, klik menu dropdown dan pilih Geometry.


17. Sekarang, pada viewport, partikel yang keluar berbentuk uang gopek-an... yes!!!!


Nah, karena tutorial ini cukup panjang jadi saya potong dulu sampai disini. Bagian kedua akan saya posting secepatnya.

Sampai disini, saya harap agan sudah mengerti dasar-dasar dari Pflow yang cukup rumit ini. Pada bagian selanjutnya, kita akan bermain-main dengan deflector dan membuat gerakan jatuh uang lebih realistis. Maaf kalau bahasa saya kurang jelas, dan semoga bermanfaat....


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment