Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Untuk membuat animasi benda yang lentur, yang harus kita perhatikan adalah gerakan keduanya (Second Motion/animation). Gerakan kedua adalah gerakan setelah gerakan utama pada objek. Untuk lebih jelasnya coba lihat video dibawah gan...

Nah, objek ditarik dan dilepaskan adalah animasi utama, sedangkan objek bergetar adalah animasi kedua. Untuk membuat animasi kedua ini, kita tidak perlu membuat keyframe secara manual, karena 3DS Max mempunyai modifier yang cocok untuk animasi kedua seperti i ni. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti tutorial berikut...

1. Buat objek Cylinder dan atur supaya bentuknya menyerupai tiang.


2. Sekarang, di Viewport Left, buat lagi Objek Cylinder dengan radius cukup besar dan tipis.



3. Ubah salah satu objek menjadi Editable Poly. disini, kita akan menggabungkan kedua objek ini menjadi satu.

4. Pada panel Modify, di parameter Edit Geometry klik tombol Attach lalu klik objek tiang di viewport.


5.  Waktunya menganimasikan objek gan... rencananya kita akan membuat objek melengkung. Untuk melengkungkan objek, gunakan Modifier List: Bend.

6. Supaya lengkungan berpusat dibawah objek, klik tanda plus (+) pada Bend, lalu aktifkan center. Nah, di viewport, ditengah objek akan ada titik kecil berwarna merah. Geser titik tersebut ke bagian paling bawah objek  menggunakan tool Select and Move.




7. pastikan TimeSlider berada di Frame pertama. Atur parameter Bend dengan nilai Angel=0, Direction=90  dan pada Bend Axis pilih Y.
 8. Klik tombol AutoKey dan geser TimeSlider ke posisi frame 20. Di parameter Bend, atur nilai Angel=150.

 9. Geser TimeSlider ke posisi frame 24 dan atur kembali nilai Angel=0. Jangan lupa, matikan tombol AutoKey gan....

10. Tekan tombol Play untuk menjalankan animasinya. Animasinya, objek seperti di tarik, lalu dilepaskan hingga bentuknya kembali seperti semula.

11. Animasi kurang realistis karena tidak ada animasi kedua (Second Animation) dimana setelah dilepaskan, objek akan bergetar karena pengaruh gerakannya.

12. cara yang paling gampang membuat simulasi getaran objek adalah dengan Modifier List: Flex. Aktifkan objek lalu pada panel Modify > Modifier List: Flex. Coba jalankan lagi animasinya....


13.Getaran objek mungkin terlihat aneh karena berpusat ditengah. Untuk memperbaikinya, klik tanda plus (+) pada Flex. Aktifkan Center, dan pada viewport, geser titik Center ke posisi bawah objek.


14. Untuk mendapatkan getaran yang realistis, silahkan bereksperimen dengan parameter Flex gan...  Pada video diatas, saya mengatur nilai Flex seperti ini (gambar bawah).


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment