Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Adakalnya, ketika sedang pakai 3DS Max, kita menemukan teknik baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Ya.... teknik itu bisa berupa shortcut, script ataupun tool lainnya yang sangat berguna untuk mempercepat pekerjaan.

Nah, pada tulisan kali ini, saya menuliskan beberapa teknik yang bisa anda gunakan. Mungkin agan udah pada tahu, tapi saya coba share... siapa tahu bermanfaat. Dipilih....dipiliiihhh..... XD

1. Coba tekan dan tahan tombol Ctrl ketika membuat objek seperti teapot, sphere, torus dan lainnya. Maka objek bisa diputar ketika objek dibuat. Sementara, menekan tombol Ctrl ketika membuat objek seperti Box, Pyramid dan Plane akan membuat panjang dan lebarnya sama secara otomatis.


2. Di kotak Maxscript (kiri-bawah/kotak untuk teks berwarna putih) anda bisa membuat objek dengan mengetikkan beberapa kode. Misalnya untuk membuat objek Box, ketikkan kode: box () dan tkan enter. Untuk membuat objek teapot, ketikkan kode: teapot () lalu tekan enter. Dan seterusnya....

3. ketika berada dalam mode Editable Poly, tekan tombol 1, 2, 3 dan seterusnya  pada keyboard untuk memasuki modus vertex, edge, border dan seterusnya secara berurutan.

4. Dalam mode Editable Poly, seleksi salah satu edge dan klik tombol Loop. Maka semua edge di sekelilingnya akan terseleksi. Sementara, kalau meng klik tombol Ring, maka semua edge yang sejajar dengannya akan terseleksi dengan cepat.

5. Ketika di viewport ada banyak sekali objek, dan anda ingin mengedit salah satunya, seleksi objek lalu tekan tombol Alt+Q. Maka objek yang tidak terseleksi akan disembunyikan.

6. Supaya objek transparan di viewport, tekan tombol Alt+X pada keyboard. Hal ini sangat berguna ketika membuat objek yang menggunakan sketsa gambar.

7. Jika transform Gizmo hilang, tekan X pada keyboard untuk mengembalikannya.

8. untuk mengubah jenis seleksi pada objek, gunakan tombol W untuk Select and Move, E untuk Select and Rotate, dan R untuk Select and Uniform Scale.

9. Untuk menambah atau mengurangi jumlah frame pada timeline, tekan Ctrl+Alt+tombol kanan mouse lalu drag pada timeline.

10. Untuk membuat tampilan 3DS Max Fullscreen, gunakan tombol Ctrl+X pada keyboard.

Tips dan teknik diatas saya dapatkan dari berbagai sumber... dari forum, tutorial, buku, mbah google dan saya dapat sendiri ketika ngulik 3DS Max. Tapi yang lebih sering sih, dari forum-forum khusus 3DS Max. Disana (forum), biasanya para master akan memberi tahu ilmunya kepada member yang masih ijo kayak saya. Jadi, kalau ada yang belum dimengerti soal 3DS Max, agan bisa bertanya disana. Selain masalah terjawab, teknik baru pun juga dapat... :-)

Ok, kalau agan punya teknik dan tips lainnya silahkan tambahkan di kotak komentar. Supaya lebih banyak, dan tambah rame....


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comments: