Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Sampurasun . . .

Oke, kali ini saya akan menuliskan kembali tutorial Blender, meneruskan tutorial blender sebelumnya tentang bagaimana membuat lentera lengkap dengan neonnya. kemarin kita sudah membuat objek neon, dengan menerapkan berbagai Modifier dan proses yang agak ribet dikit. ya, hasilnya cukup memuaskan bagi saya . . .

sekarang, kita akan membuat lenteranya. walaupun terlihat rumit, namun untuk membuatnya terbilang gampang. tekniknya sama seperti cara membuat gelas yang telah saya bahas sebelumnya, namun kali ini dengan sedikit modifikasi. dan, hasil akhir yang saya dapatkan adalah sebagai berikut:

berikut langkahnya:



1.    Tekan tombol Shift + A  lalu pilih Mesh > Plane seperti gambar.




2.    Setelah objek plane muncul, masuki edit mode dengan menekan tombol tab. Atur mode seleksi menjadi Vertices, lalu pilih semua vertices dan tekan tombol delete untuk menghapus semua vertices tersebut.



3.    Tekan Numpad 3 untuk mengubah sudut pandang menjadi Right, lalu tekan Ctrl+klik pointer untuk membuat vertices baru seperti gambar. setelah itu, tekan tombol E lalu geser pointer , dan klik untuk memposisikan vertex baru lainnya. Tekan tombol E lagi, dan seterusnya sehingga semua vertex membentuk gambar seperti gambar dibawah.




4.    Atur agar posisi vertex membentuk gambar dibawah. Sebenarnya bentuknya bebas,  sesuai selera saja, namun agar sesuai dengan hasil akhir yang saya dapatkan.


5.    Setelah membentuk, pastikan semua vertices dalam keadaan terseleksi, kemudian klik tombol Spin yang berada di daerah kiri. Atur nilai Step = 4, Degrees = 360, Axis X dan Y = 0.00, Z=1.00


6.    Supaya tidak ada vertices yang tumpang tindih, tekan tombol Remove Doubles supaya menghilangkan vertices yang tumpang tindih tersebut.


7.    Masih dalam keadaan Edit Mode, ubah mode seleksi menjadi Face lalu seleksi salah satu face disisi seperti gambar.


8.    Tekan tombol E, lalu geser pointer agar face menjorok kedalam seperti gambar. klik kiri untuk mengkonfirmasi . . .



9.    Masih dalam keadaan face tadi terseleksi, tekan tombol delete untuk menghapus bagian ini sehingga menjadi berlubang.


10.    Lakukan langkah 42 – 43 pada sisi lainnya sehingga semua sisi berlubang seperti gambar.



11.    Oke, sekarang masukkan objek Neon yang kemarin kita buat.


12.    Atur posisi neon supaya berada di bawah wadah lentera seperti gambar.


13.    Seleksi objek lentera, lalu tekan tombol Tab untuk masuk ke Edit Mode. Seleksi Face bagian bawah lentera, lalu tekan tombol E dan langsung klik agar tidak menebal. Masih face tadi dalam keadaan terseleksi, tekan tombol S lalu geser pointer supaya face menjadi mengecil seperti gambar dibawah.


14.    Sekarang, tekan tombol E lagi dan geser pointer agar face menebal seperti gambar. gunakan variasai pada ujungnya menggunakan Extrude dan Scale sehingga bentuknya kira-kira seperti gambar dibawah.


15.    Nah, objek lentera dan neon sudah selesai kita buat. Selanjutnya kita akan membuat tihangnya . . .


16.    Sebenarnya untuk membuat tihang, tekniknya sama dengan proses pembuatan lentera. Cuma bedanya, untuk tihang saya membentuk vertex menjadi seperti gambar dibawah.


17.    Setelah vertices terbentuk, seleksi semua vertex.


18.    Setelah semuanya terseleksi, gunakan perintah spin untuk membuatnya memutar seperti gambar dibawah. Untuk tihang ini, saya mengatur Step=16. Untuk parameter lainnya, nilainya sama saja seperti pada lentera.


19.    Pastikan untuk menghapus vertices yang ganda dengan menekan tombol Remove Doubles. Ini untuk berjaga-jaga saja . . .


20.    Setelah terbentuk, tekan tombol Tab untuk ke Object Mode. Tekan Shift+Ctrl+Alt+C lalu pada jendela yang muncul, pilih Origin to Geometri. Ini untuk mengubah titik pusat (warna orange) ke tengah-tengah objek.


21.    Jreng jreng . . . sekarang objek lentera sudah jadi.


22.    Saya coba render dengan ditambah lampu, hasilnya seperti gambar berikut. Enjoy . . .


Untuk selanjutnya anda bisa menambahkan material dan pencahayaan agar lebih realistis. untuk material sendiri, saya belum menguasainya. jadi mungkin untuk saat ini belum bisa membuat tutorialnya.

terima kasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat . . .


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment