Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Apa kabar semuanya, semangat pagi! . . .

 Ok, tulisan kali ini masih tentang tutorial blender, dan masih tentang modeling. Objek yang dibuat kali ini lumayan agak ribet, karena bentuknya yang unik. Kita akan membuat sebuah lentera taman, dengan wadah, tihang lengkap dengan neon-nya . . . hasil akhirnya kira-kira seperti gambar di bawah.


Disini, saya tidak akan menjelaskan langkah nya dengan terlalu detail, jadi untuk yang masih newbie atau masih baru di blender bisa melihat tutorial dasarnya dulu disini. Dan . . . berikut adalah langkah-langkahnya:


PART1:  Neon


1. Pada scene baru, seleksi kamera dan lampu default lalu tekan delete untuk menghapusnya sehingga hanya ada kubus saja di viewport.


2. tekan Numpad 3 untuk  merubah pandangan menjadi Right Perspective. Seleksi kubus tersebut dengan mengklik kanan lalu tekan tombol Z agar kubus tersebut menjadi transparan.





3. Tekan tombol Tab untuk beralih ke edit mode. Tekan tombol B lalu seleksi beberapa vertices seperti gambar dibawah lalu tekan tombol del untuk menghapusnya.






4.  Tekan tombol A untuk menyeleksi semua vertex lalu tekan tombol R lalu tombol Z dan geser pointer untuk memutar objek pada sumbu Z sebesar 90 derajat.  Sekarang, geser posisinya kekanan sedikit. Pastikan 3d cursor tetap pada posisi defaultnya karena akan digunakan pada saat pemberian modifier screw.


5. tekan tombol Tab untuk kembali ke objek mode, lalu pada panel Properties pilih tab Object Modifier.  Pada menu modifier, pilih screw.



6. Pada Axis, pilih Z Axis dengan nilai Screw=8. Atur nilai Angle=500 dan nonaktifkan shading Smooth.



7. Tekan tombol Shift+D untuk menduplikat objek lalu klik supaya posisinya tidak bergeser.


8. Tekan tombol Ctrl+M lalu tekan tombol Y sehingga sekarang objek copy-an akan tercermin pada sumbu Y seperti gambar dibawah


9. Seleksi objek copy-an tadi lalu pada parameter modifier screw atur nilai Angle=-500.



10. Seleksi kedua objek dengan menekan tombol A lalu tekan Ctrl+J untuk menggabungkan objek tersebut. Setelah itu, klik tombol Aply pada modifier Screw.


11. Seleksi objek lalu tekan Tab untuk berpindah ke Edit Mode. Tekan tombol 7 untuk mengubah pandangan menjadi Top . seleksi beberapa vertices pada ujung objek dengan Alt+Klik kanan vertices dan tekan tombol R untuk memutarnya keposisi seperti gambar dibawah. Extrude lalu putar beberapa kali sehingga anda mendapatkan bentuk seperti gambar dibawah.



12. Lakukan juga pada ujung sisi satunya.


13. Seleksi kedua ujung yang berhadapan lalu tekan Ctrl+E dan pilih Bridge Two Edge Loop sehingga kedua Edge tersebut menyatu.


14. Anda akan mendapatkan bentuk seperti ini.


15. Tekan tombol 1 untuk mendapatkan pandangan front lalu seleksi ujung edge dengan tombol Alt+Klik kanan dan putar lalu extrude beberapa kali sehingga bentuknya seperti gambar dibawah.


16. Lakukan pula pada sisi yang satunya. Untuk merubah pandangan menjadi back perspective, tekan Ctrl+Numpad 1.


17. Ubah pandangan menjadi seperti gambar dibawah, lalu seleksi kedua ujungnya dan Extrude seperti gambar dibawah sehingga bagian bawah memanjang.


18. Tekan tombol Tab untuk beralih ke Edit Mode dan pada panel Properties pilih Modifier Subdivision Surface.


19. Ok, anda akan mendapatkan bentuk neon menjadi seperti ini.


20. Sekarang, tekan tombol Shift + A > Mesh > Cylinder.


21. Atur ukuran dan posisi Cylinder sehingga berada dibawah neon seperti gambar dibawah.


22. Tekan tombol Tab untuk mengubah mode menjadi Edit Mode, lalu seleksi vertices bagian bawah seperti gambar.


23. Geser posisi vertices yang barusan diseleksi keatas, lalu tekan tombol E dan geser pointer untuk membuat cylinder menjadi seperti gambar dibawah. Untuk bagian bawahnya, Extrude seperti biasa dan kecilkan vertices dengan tombol S sehingga bagian bawahnya mengecil. Tekan tombol Ctrl+R lalu sorot pada vertices bagian bawah yang menumpul untuk membuat Edge baru dibagian ini.


30. Ok, tekan tombol Z supaya bentuknya kembali solid, dan hasilnya kira2 seperti ini.


31. Ubah mode Seleksi menjadi Face lalu seleksi face bagian bawah.


32. tekan tombol E lalu geser pointer untuk meng-Extrude bagian ini.


33. gunakan kombinasi Extrude dan Scale untuk membuat ujung bagian bawah menjadi seperti ini.


34. Dan . . . Taraaaa . . . objek neon selesai dibuat. Saya mendapatkan bentuk seperti ini:


Nah, untuk bagian lainnya (wadah dan tihang) akan saya bahas dalam postingan selanjutnya. Jadi, sering-sering maen kesini supaya gak ketinggalan. Ok , semoga bermanfaat, dan wassalam . . .


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comments:

  1. Like .. :)
    www.ganessandro.net
    www.ganessandro.blogspot.com

    ReplyDelete