Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Kemarin, saya menemukan sebuah script sederhana namun sangat bermanfaat. Script tersebut adalah Camera Switcher, sebuah script yang berfungsi untuk menganimasikan Sudut pandang pada kamera. Misalnya, agan punya animasi yang ingin dirender dengan banyak sudut pandang. Tinggal buat beberapa kamera (dengan sudut pandang yang berbeda tentunya) lalu atur waktu pergantiannya di parameter Camera Switcher ini.



Misalnya, saya mendapatkan hasil seperti ini:



Animasi diatas saya buat dengan 3 buah kamera, dalam satu kali render tentunya. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat langkah-langkah dibawah:

1.    Pertama, siapkanlah sebuah scene. ya . . . bisa scene apa saja, yang penting ada objeknya. Saya sendiri memakai scene sederhana yang penampakannya seperti gambar di bawah, yang terdiri dari beberapa objek.




2.    Ok, objek utamanya adalah Tembok yang saya buat dari Box, dan Peluru yang dibuat dari Geosphere. Kalau dianimasikan, objek peluru akan terpental menabrak tembok yang secara otomatis akan membuat tembok tersebut hancur. Saya membuatnya dengan bantuan plugin Thinking Particle, yang caranya hampir sama seperti tutorial sebelumnya tentang animasi teko pecah dan objek runtuh. Silahkan dilihat di daftar isi gan . . . ^_^


3.    Kembali ke tutorial. Setelah scene siap (scene nya bebas) atur sudut pandang sesuai keinginan, yang penting semuanya terlihat jelas.  Saya mengaturnya seperti ini.


4.    Pada menu View, pilih Create Camera From View atau gampangnya, cukup tekan Ctrl+C saja.



5.    Jreng jreng . . . maka sudut pandang akan secara otomatis berubah menjadi Camera.


6.    Tekan tombol P supaya sudut pandang berubah modenya menjadi Perspective lagi.


7.    Atur kembali sudut pandang, sesuaikan agar posisinya berbeda dengan sudut pandang Camera01. Saya mengaturnya seperti gambar dibawah. . . karena saya pikir sudutnya bagus ketika tembok hancur ditabrak peluru.


8.    Ok, sekarang buat lagi kamera pada sudut pandang ini dengan cara ke Menu View > Create Camera From View.


9.    Pastikan sudut pandang modenya berubah menjadi Camera02 seperti gambar dibawah.


10.    Dan . . . ubah kembali mode ke Perspective lalu atur lagi sudut pandang untuk kamera ke 3. Saya mengaturnya seperti gambar dibawah . . .


11.    Ok, inti dari langkah-langkah diatas adalah untuk membuat tiga buah kamera dengan sudut pandang yang berbeda, untuk nantinya kita animasikan sudut pandang tersebut.


12.    Sekarang, waktunya membuka Script. Pada menu Script > Run Script seperti gambar dibawah. download dulu script nya disini atau disini juga bisa.


13.    Lalu buka  Folder tempat anda menyimpan Script Camera Switcher dan tekan OK!.


14.    Sekarang akan muncul jendela kecil seperti ini.


15.    Tahan tombol Ctrl lalu klik tombol dengan ikon plus(+) pada jendela Camera Switcher untuk memasukkan semua kamera pada scene.


16.    Untuk mengatur waktu perpindahan, double klik pada kolom kosong Timeframe. Pada parameter yang muncul, silahkan isi dengan waktu yang diinginkan. Misalnya, saya mengatur agar Camera01 aktif pada frame 0 sampai frem 15 seperti gambar dibawah. Setelah selesai, jangan lupa tekan tombol OK!


17.    Isikan parameter Camera02 sesuai keinginan. Saya mengaturnya 15 – 33 meneruskan dari Camera01,


18.    Atur pula parameter Camera03.


19.    Setelah semua parameter kamera disesuaikan, klik kanan salah satu Camera lalu pilih Bake Cameras.


20.    Pada jendela Bake Cameras Options, tekan tombol Start untuk memasukkan parameter-parameter langsung pada scene. setelah itu, tunggu sebentar karena Script sedang memproses animasi.


21.    Dan . . . sekarang semua parameter langsung bisa dilihat hasilnya pada scene. tapi masalahnya, timeline akan menjadi pendek.


22.    Tenang saja . . . untuk mengatasinya cukup klik kanan tombol Play lalu atur kembali pada parameter Length sebanyak yang anda inginkan. Saya mengaturnya menjadi 100.


23.    Ok, dan seperti inilah hasil yang saya dapat. Pada frem 0-15 sudut pandang seperti ini, dimana peluru besiap-siap menabrak tembok.


24.    Pada frem 16-33, sudut pandang tiba-tiba berubah menjadi seperti gambar dibawah.


25.    Dan terakhir, pada frem 34-100 sudut pandang menjadi seperti ini.


Sebenarnya, andapun bisa membuat perpindahan sudut pandang dalam sebuah animasi tanpa menggunakan script ini. karena, 3ds max mempunyai Tool Video Post yang bisa mengatur sequence lebih jauh lagi. Video Post mempunyai fitur yang cukup banyak, jadi anda bisa mengatur semuanya mulai dari sudut pandang sampai compositing. namun cukup ribet juga menggunakannya. sementara, Script Camera Switcher ini lebih tepat disebut Camera Manager karena hanya untuk mengatur kamera, jadi otomatis lebih simple

Ok, mungkin hanya ini yang bisa saya tulis di postingan kali ini. ya . . . walaupun sedikit, saya harap bisa menambah ilmu agan-agan semua. makasaih atas kunjungannya, dan wassalam . . .


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

7 comments:

  1. sumpah ni blog berfungsi banget :D
    ada tutor Vray kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih . .
      untuk vray belum ada mas, d tunggu aja . . . :-D

      Delete
  2. oiya, sebelumnya trimakasih , dan dimana saya bisa mendapatkan scriptnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. link downloadnya ada di langkah no. 12

      Delete
    2. scriptnya ko ga jadi yagh mohon bantuannya, aku pakai 3d max 2010

      Delete
  3. Lhah kaak.. aku download plugin 3ds max ga bisa terus ee :v

    ReplyDelete
  4. Om, Kasih tutorial desain Web pake dreamwiper, terus cara convert ke browser.

    ReplyDelete