Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Di tutorial ini, kita akan mengenal bagaimana membuat animasi mobil dengan 3DS Max dengan cepat, gak ribet namun dengan hasil animasi yang cukup realistis.


Kita akan menggunakan Madcar, sebuah plugin untuk membuat animasi kendaraan roda empat yang sederhana, dan pastinya gratis. Silahkan download dulu pluginnya disini. Menggunakan madcar lebih tepat disebut simulasi karena kita tidak akan menggunakan keyframe, hanya mengemudikan mobil secara virtual seperti di game-game balapan mobil. Tapi, madcar lebih dinamis karena kita benar-benar bisa mengontrol semua bagian mobil seperti suspensi, berat roda, gaya, gesekan dan lain-lain sehingga mobil dapat melakukan gerakan-gerakan akrobatis seperti drifting, melaju miring, dan gerakan-gerakan ekstrim lainnya. Misalnya hasil yang saya dapatkan bisa dilihat di video dibawah.







Ok, langsung saja ke tutorial gan, cekidot . . .

1.    Setelah Madcar terinstal, di menu Create > ubah Standard Primitives menjadi Dynamics Objects lalu tekan tombol Madcar. Masukkan objek Madcar ke viewport. Objek madcar sendiri bentuknya berupa kotak dengan empat buah roda dan satu ikon panah yang menunjukkan kea rah mana lajunya.


2.    Masukkan model mobil yang agan punya menggunakan perintah Merge.



3.    Setelah objek mobil masuk di viewport, atur posisinya agar sama persis dengan posisi madcar. Setelah itu, atur tinggi Madcar agar sama dengan objek mobil.


4.    Atur juga posisi, lebar dan radius ban Madcar agar sama dengan ban mobil. Supaya lebih mudah dalam penyesuaian, gunakan mode empat viewport.


5.    Ok, pastikan semua bagian pada madcar posisi dan ukurannya sama dengan bagian pada mobil seperti gambar dibawah.


6.    Buatlah helper Point dengan ukuran=70 seperti gambar dibawah.


7.    Duplikat point tersebut sehingga jumlahnya menjadi 5 buah. Atur ukuran point yang terakhir menjadi lebih besar kira-kira menjadi 200.


8.    Seleksi point kecil yang pertama lalu di tab Motion, pada rollout Assign Controller seleksi Transform: Position/Rotation/Scale dan tekan tombol Assign Controller seperti gambar dibawah. Di jendela yang muncul, pilih Madcar.


9.    Masih di tab Motion, klik tombol None lalu pilih objek Madcar di viewport. Pada pilihan dibawahnya, pilih radio Left Front Wheel, maka posisi point akan pindah ke posisi ban kiri-depan madcar. Ini artinya, gerakan point sudah terkunci oleh Controller Madcar yang kita pilih.


10.    Lakukan langkah tersebut pada semua Point dengan target yang berbeda (pilih radio berbeda di tab Motion untuk setiap Point). Untuk point yang paling besar, pilih target Chasis yang letaknya paling bawah. Setelah selesai, semua point akan menempati masing masing bagian pada Madcar seperti gambar dibawah.


11.    Seleksi ban depan-kiri mobil lalu klik tombol Align  Tool dan pilih Point yang berada di depan-kiri roda Madcar. Pada jendela yang muncul, atur nilainya seperti gambar dibawah. Ini dilakukan agar posisi center objek sama persis satu sama lain.


12.    Menggunakan Select and Link, kaitkan objek ban mobil ke Point target sehingga jika point berputar, maka ban pun akan ikut berputar.


13.    Kaitkan semua bagian mobil ke masing-masing point seperti gambar dibawah.


14.    Untuk memastikan semuanya sudah terkait dengan point, buka jendela Select by Name. Pastikan semua bagian objek mobil merupakan child dari masing-masing point seperti gambar dibawah.


15.    Buatlah objek Plane dengan Length dan Width = 20000 unit dengan length dan width segs =30 saja. Kita membuat objek plane dengan ukuran yang cukup luas agar leluasa dalam simulasi nantinya.


16.    Perpanjang timeline kira-kira sampai 1000 frame. Seleksi objek Madcar, lalu di parameter Surface, klik tombol None dan klik objek Plane di viewport. Atur nilai End Frame = 1000.


17.    Di rollout On Run Driving, pilih mode simulasi sesuai selera anda. Ada tiga mode yang tersedia, yaitu Mouse, Keyboard dan Joystick. Memilih Use Mouse berarti anda akan mengontrol kemudi mobil menggunakan mouse, begitu pula dengan pilihan Use Keyeboard dan Joystick. Disini, saya menggunakan mode Use Mouse karena lebih gampang dalam simulasi pergerakan. Jangan lupa tekan tombol OnRunDriving gan.


18.    Saatnya test Drive !. pastikan objek madcar berada beberapa unit diatas permukaan plane (tanah). Tekan tombol enter untuk memulai simulasi, maka objek madcar akan jatuh. Coba gerakkan mouse kedepan untuk menambah kecepatan, geser mouse ke kiri-kanan untuk berbelok dan geser mouse kebelakang untuk mengerem.


Untuk mempermudah dan meringankan simulasi, lebih baik untuk menyembunyikan dulu objek mobil dan point sehingga yang terlihat hanya madcar saja. Karena pada saat simulasi, gerakkan mobil akan terlihat lambat dari seharusnya, tergantung kecepatan komputer anda. Kalau ada masalah saat simulasi, misalnya objek tidak bergerak ketika menekan enter, coba tekan dulu tombol Search First Driver Change di parameter Madcar, lalu coba tekan-tekan tombol Recalc  sehingga objek madcar akan bergerak perlahan di viewport. Jika saat menekan tombol Recalc objek madcar tidak bergerak sama sekali, coba tekan tombol Update Surface dan coba tekan-tekan lagi tombol Recalc.

Kadang butuh beberapa waktu untuk bisa mensimulasikan madcar, apalagi kalau plugin ini baru terinstal di 3DS Max. silahkan lakukan langkah diatas, atau bereksperimen dengan nilai-nilai yang ada sehingga objek madcar bisa ber simulasi dengan baik.


19.    Kalau simulasi sudah berjalan, silakan di coba melaju dan berbelok dengan menggerak-gerakkan mouse. Butuh beberapa waktu untuk benar-benar terbiasa dan mahir dalam mengendalikan laju mobil, karena mobil akan mudah terguling apalagi ketika berbelok mendadak dengan kecepatan tinggi.

Sekedar tips , untuk melakukan beberapa gerakkan akrobatik, kita harus mengubah beberapa nilai default pada parameter madcar. Misalnya untuk melakukan Drifting, coba atur agar masa roda belakang lebih tinggi dari masa roda depan. Selain itu, atur juga nilai Surf Cohesion lebih rendah dari default, misalnya 0.3. ini untuk membuat permukaaan tanah lebih licin sehingga mobil tidak miring saat berbelok tajam.

Untuk membuat mobil melaju miring diatas dua roda, atur nilai Surf Cohesion agar gesekannya lebih tinggi (misalnya 0.8 sampai 1.0). selain itu, atur juga agar berat roda belakang supaya sama dengan roda depan. Gerakkan mouse kedepan supaya mobil melaju cukup cepat, lalu drag mouse ke samping supaya mobil berbelok mendadak. Kalau mobil terguling, tekan enter untuk menghentikan simulasi. Geser timeslider ke frame saat mobil berbelok mendadak (saat posisinya tidak terlalu miring), lalu jalankan kembali simulasi sambil posisi mouse berada didepan jendela controller. Kalau mobil terlalu miring, coba kurangi kecepatan agar tidak terguling. Kalau kemiringannya sudah stabil dan seimbang, silahkan tambah kecepatan agar mobil melaju cukup cepat dalam keadaan miring. Selamat mencoba . . .


Ok, mungkin hanya itu yang bisa saya tulis kali ini, mungkin kurang lengkap karena disini saya hanya menjelaskan cara menggunakan plugin nya saja. Untuk selebihnya, anda bisa bereksperimen untuk membuat gerakan-gerakan keren seperti di film dan iklan TV. Semoga bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung.
Wassalam . . .


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

7 comments:

  1. Bisa download madcar fullversion dimana gan?

    bls ya gan...seru punya mad car kayaknya...

    dwiyantoris@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan: http://www.karba.eol3d.com/Plugins/MadCar/ (max 2008-2009)

      Delete
  2. gan nginstal modcarnya ditaruh difolder ap

    ReplyDelete
    Replies
    1. di folder plugin om/mbak . . .

      di folder instalan 3ds max ada folder plugin, nah paste file downloadnya ke situ. coba buka max, lalu lihat petunjuk seperti langkah diatas . . .

      CMIIW

      Delete
    2. ojok puocol puocol des

      Delete
  3. klu boleh tahu, cara untuk nginstal madcar nya bagaimana.?
    klu bisa blas secepatnya, karena mobil 3d ini mau saya pakai untuk melengkapi tugas UPK.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Bisa jalan di 3d max 7 nggak?, soalnya versi 7 yang paling ringan bagi komputer saya

    ReplyDelete