Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Katakanlah anda mempunyai foto, lalu ingin menambahkan watermark berbentuk logo atau nama studio/perusahaan anda. mungkin kita bisa buat dulu logonya, lalu save dengan file .png supaya bisa transparan dan memasukkannya kegambar. Beres !

Tapi bagaimana kalau jumlah fotonya puluhan bahkan ratusan, dan anda ingin agar warna logonya berbeda-beda pada setiap foto? :garuk2

Untuk kasus seperti ini, ada banyak cara sebenarnya, dan salah satu caranya adalah menggunakan Brush preset sendiri. Gambar logo anda menggunakan brush, lalu save brush tersebut. Kita tidak perlu repot-repot mendrag & drop ke photo, dan warnanya bisa disesuaikan dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, lihat tutorial berikut . . .

1.    Buatlah dokumen baru. Ukurannya bebas, sesuai selera aja. Disini, saya menggunakan preset Photo 4R seperti gambar dibawah.


2.    Pilih Brush Tool atau tekan tombol B pada keyboard. Atur Opacity=100 dan Flow=100 supaya brush tampak jelas. Klik kanan di dokumen, lalu atur Size kira-kira 16px dengan Hardness=49% supaya pinggirannya agak lembut.


3.    Ok, sekarang gambarlah logo, ikon, tanda tangan atau apa saja yang ingin dijadikan preset. Saya membuat tanda tangan seperti gambar dibawah.


4.    Setelah brush siap, pada menu Edit > Define Brush Preset lau berilah nama preset yang diinginkan.


5.    Nah, sekarang waktunya mengetes brush yang baru kita buat. Buatlah document baru seperti gambar dibawah.


6.    Pilih Brush Tool, lalu klik kanan dan scroll kebawah untuk melihat preset yang baru kita buat. Kalo belum ada, berarti anda belum buat presetnya. Buat dulu, lalu kembali lagi ke langkah ini . . . B-)


7.    Sesuaikan ukuran Brush, lalu klik di dokumen. Dengan sekali klik saja, maka bentuk brush akan langsung menjadi tanda tangan, tanpa repot2 corat-coret lagi . . .


Salah satu kekurangan dari brush preset ini adalah logo atau gambar tampak Flat dan kurang menarik. Untuk mensiasatinya (ribet amat), kita bisa menggunakan Layer Style. Tambahkan drop shadow, stroke ataupun glow sehingga gambar terlihat lebih keren.

Ok, saya harap tutorial pendek ini bermanfaat dan jangan lupa menginggalkan jejak . . . wassalam . . .


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment