Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Di Photoshop, kita mungkin sering memotong gambar untuk keperluan manipulasi dan lain-lain. Biasanya kita menyeleksi dulu gambar, kemudian meng-copy atau cut gambar tersebut menjadi layer terpisah.

Mungkin, yang paling sering digunakan untuk menseleksi adalah lasso tool dan magic selection tool karena lebih bebas dalam penyeleksian dan paling simple. Untuk gambar yang lebih rumit, saya biasanya menggabungkan beberapa tool seperti Marquee, Lasso, dan Magic Wand dalam sekali penyeleksian. Dengan teknik ini, kita bebas menambah dan mengurangi bagian mana yang terseleksi, sehingga membuat proses penyeleksian lebih cepat dan akurat, tajam dan terpercaya mirip Liputan6 . . .

untuk contoh, saya coba buatkan langkah-langkah sederhana membuat seleksi dari beberapa tool yang berbeda. Cekidot . . .

1.    Buatlah document baru di Photoshop, lalu pilih Rectangular Marquee Tool. Drag di dokumen sehingga seleksi membentuk persegi panjang seperti gambar dibawah.



2.    Tekan Shift+M untuk memilih Eliptical Marquee Tool, tahan tombol Shift lalu drag untuk membuat lingkaran kecil diatas persegi panjang. Maka seleksi akan bertambah seperti gambar dibawah.



3.    Tahan tombol Alt lalu drag untuk membuat lingkaran kecil dibawah persegi panjang sehingga seleksi akan terpotong seperti gambar dibawah.



4.    Pilih Polygonal Lasso Tool, seperti gambar dibawah lalu tahan tombol Alt dan gambarlah pola bergerigi dan double klik jika sudah. Seleksi pun akan terpotong oleh pola gerigi tersebut.



5.    Sekarang, tahan Shift dan gambar lagi pola bergerigi seperti gambar dibawah untuk menambahkan gerigi tersebut ke seleksi.


6.    Ok, bentuk seleksi akan menjadi seperti ini.



7.    Misalnya anda ingin menambahkan warna ke seleksi tersebut, tinggal tekan Shift+Backspace lalu di jendela yag muncul, atur menu Use dengan warna yang diinginkan. Disini saya memakan Black atau hitam. Tekan Ok untuk menutup jendela.



8.    Dan, seleksi pun akan diisi oleh warna hitam. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.


Intinya adalah menambah dan mengurangi seleksi. Shift untuk menambah, dan Alt untuk mengurangi. Teknik ini sering saya terapkan untuk memotong model dari background yang warnanya berbeda-beda. Cukup tahan shift dan gunakan Magic Wand lalu klik beberapa kali di background dan gunakan lasso untuk merapikan bagian yang masih berantakan.

Ok, semoga tulisan ini bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak gan. Bisa komentar, follow maupun donasi PayPal pun kita gak bakal nolak kok . . . :-D


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment