Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]

Menulis kembali tutorial disini, serasa bertemu kembali dengan teman yang udah lama banget gak ketemu. Agak kaku-kaku gimana . . . gitu .

Ya . . walaupun agak kaku dalam merangkai kata, saya tetap memaksakan membuat beberapa langkah tutorial ini, sekedar untuk membuat website ini tetap fresh dengan konten anyar. Walaupun sebenarnya tutorialnya simple, saya harap tutorial ini bermanfaat bagi yang sedang belajar.

Ok, langsung aja ya. Di Tutorial ini saya akan menjelaskan beberapa langkah untuk membuat animasi bendera yang nyaris realistis. Sebenarnya dulu-dulu saya pernah membuat tutorial tentang cara membuat animasi bendera menggunakan reactor. Tapi berhubung sekarang reactornya sudah diganti, jadi disini saya akan memperbarui caranya menggunakan tool terbaru.


Cara kerjanya masih sama, berbasis simulasi. Namun, kali ini simulasi akan berjalan langsung di viewport dan fungsi-fungsinya jauh lebih canggih dari fitur simulasi-nya reactor. Berikut adalah hasil yang saya dapatkan.


Nah, langsung aja ya gaes. Berikut tutorial nya . . .


1.    Di viewport Top, buatlah Plane dengan Length=130 dan Width=250. Atur juga nilai Length Segs=30 dan Width Segs=50.


2.    Tambahkan modifier Poly Select, lalu masuk ke mode seleksi vertex. Aktfkan use soft selection , lalu seleksi beberapa vertex yang berada di sisi kanan seperti gambar dibawah.


3.    Masih vertex dalam keadaan terseleksi, tambahkan modifier Noise. Pada parameternya, atur nilai Scale=200, aktifkan ceklis Fractal atur nilai Strength pada X=300 sehingga vertex akan terlihat kusut pada ujungnya. Untuk menonaktifkan seleksi vertex,  Tambahkan modifier Edit Poly .


4.    Ok, sekarang buatlah tiang menggunakan Cylinder diujung bendera seperti gambar dibawah.



5.    Sekarang, masukkan Wind pada panel Create > Space Warps > Wind. Drag di viewport Left seperti gambar dibawah.
 




6.    Mungin arah angin akan berlawanan dengan arah kibaran bendera. Untuk itu, gunakan Mirror tool dengan Axis=X lalu tipe Clone Selection=No Clone sehingga hembusannya menjadi searah.



7.    Tambahkan modifier Cloth pada plane, lalu di parameter, klik tombol Object Properties untuk membuka jendela Object Properties.

 

 

8.    Di jendela object properties yang muncul, seleksi objek Plane lalu pilih tipe Cloth dengan Preset Wool.


9.    Tekan tombol Add Objects lalu pada jendela baru yang muncul, pilih Cylinder dan tekan tombol Add.


10.    Pilih objek Cylinder di panel  Object in Simulation, lalu pilih tipe Collision Object. Tekan Ok untuk menutup jendela.



11.    Buka tanda plus (+) pada modifier cloth, lalu pilih Group dan seleksi 3 grup vertex seperti gambar. Di rollout Group, tekan tombol Make Group maka akan muncul jendela baru. Di jendela ini, ubah namanya menjadi kait.


;.

12.    Seleksi grup kait, lalu tekan tombol Surface dan klik pada objek Cylinder. jangan lupa nonaktifkan sub-menu Group di modifier cloth. Sekarang, ketiga vertex yang tadi terseleksi akan mengait ke objek silinder saat disimulasikan.



13.    Di rollout Simulation Parameters, aktifkan ceklis Self Collision dengan nilai 1.


14.    Seleksi objek  wind, lalu atur parameter Strength=18, Turbulence=0.2, Frequency=0.1 dan Scale=0.5.


15.    Seleksi kembali objek Plane, lalu tekan tombol Cloth Force. Di jendela force yang muncul, seleksi objek Wind yang berada di daftar kiri, lalu tekan tombol panah yang menunjuk ke kanan sehingga objek wind, sekarang pindah ke daftar kanan.



16.    Ok, tekan tombol Simulate untuk mulai Simulasi.



17.    Tambahkan modifier Turbosmooth agar mesh lebih lembut,kemudian tambahkan modifier Shell supaya plane lebih tebal.



Nah, hasilnya cukup memuaskan kan ?

Well, kalau hasilnya dirasa kurang memuaskan, anda bisa bereksperimen dengan nilai-nilai di menu properties agar kibaran bendera benar-benar terlihat nyata seperti kain. Karena ada kalanya bendera berkibar seolah terlihat tebal seperti karung goni.

Di tutorial ini, saya menggunakan preset kain wool karena dirasa paling cocok gerakannya. Namun, anda bisa mencoba menggunakan menu lain dengan setingan sendiri agar lebih paham dengan berbagai fungsi disana.

Untuk hasil diatas, saya merendernya menggunakan engine vray dengan di tambah material tentunya.  Untuk tutorial pemberian material dan rendering, nanti deh kapan-kapan saya sambung lagi.

Untuk sekarang, mungkin hanya ini saja, maaf kalau ada kata yang kurang berkenan, dan semoga bermanfaat.

Wassalam . . .


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Older Post

3 comments:

  1. Terima kasih, Infonya sangat bermanfaat,
    Jangan mau ketinggalan dengan Update terbaru seputar Autodesk AutoCad Silahkan kunjungi website kami Sebagai Partner Resmi Autodesk Indonesia

    ReplyDelete
  2. terima kasih tedy permana atas ilmunya
    sukarender.blogspot.com

    ReplyDelete

  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto, musik, video, film dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis

    ReplyDelete