Slider

News

3DS Max

After Effect

Blender

Photoshop

Style5[ImagesOnly]



Gak bisa dipungkiri, smartphone sekarang ini sudah merajai berbagai lini kehidupan modern. Kegiatan yang dulu harus menggunakan PC, bahkan mengharuskan alat-alat canggih pun sekarang bisa dengan mudah digantikan oleh gawai kecil ini. Nah, kalau anda suka bergelut di industri kreatif, pasti pernah mendengar istilah scanner 3D. Proses ini bisa mengubah objek nyata menjadi 3D untuk berbagai kebutuhan (semisal game, aplikasi , Virtual Reality dan sebagainya).

Dulu, untuk melakukan proses scanning ini dibutuhkan kamera khusus dan proses yang cukup sulit. ditambah software pendukungnya yang cukup langka. Namun, di era smartphone sekarang, proses scanning ini bisa dilakukan dengan cukup mudah, menggunakan ponsel pintar yang biasa anda gunakan sehari-hari. Wuihhh . . .

Disini, saya akan mengulas salah satu aplikasi khusus untuk melakukan scanning 3D. Anda bisa langsung menginstalnya di smartphone anda yang berbasis Android atau IOS. Oke, nama aplikasinya adalah Qlone. Silahkan coba cari di appstore atau google play, untuk mencobanya langsung di smartphone anda, karena pada dasarnya, aplikasi ini gratis. Saya katakan pada dasarnya karena untuk menginstalnya memang gratis, namun untuk melakukan fungsi yang lebih jauh akan dikenakan biaya. Misalnya mengekspor hasil akhir menjadi file siap pakai (OBJ, STL, X3D & PLY). Berikut adalah daftar hargannya.


Oke, kalau anda seorang penggiat di industri kreatif rasanya aplikasi ini sangat bermanfaat ya, banyak banget yang bisa anda lakukan. mungkin bisa membuat konten berbasis VR, membuat desain tertentu dan sebagainya.

Perlu diketahui juga, kalau kualitas hasil yang didapat tergantung smartphone yang anda pakai. Seorang reviewer pernah menggunakan iPhone SE untuk mengujinya, dan hasilnya bisa bekerja dengan baik. Disarankan menggunakan iPhone 6s atau lebih tinggi untuk hasil maksimal. Sementara untuk android, mungkin anda bisa mencobanya langsung diperangkat android karena untuk menginstalnya tidak dikenakan biaya.


About Tedi Permana

Blogger, 3D Generalist, Photoshoper dan gamer. Lahir di Tasikmalaya 31 Agustus 1993.
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment